Hari Jadi Provinsi Jawa Barat

Pada tanggal 1 Januari 1926, pemerintah kolonial membentuk provinsi pertama di Hindia Belanda, yaitu Provinsi Jawa Barat yang beribu kota di Batavia. Provincie West Java yang penetapannya tertuang dalam staatblad 1925 nomor 378 ini membawahi 5 karesidenan, 18 kabupaten, dan 6 kota praja.

Menurut sejarawan Prof. Sobana Hardjasaputra, pembentukan provinsi ini didasari oleh ketidakpuasan banyak pihak atas desentralisasi kekuasaan dan susunan pemerintahan yang ada. Atas desakan banyak pihak temasuk beberapa tokoh pergerakan pribumi, pemerintah mengeluarkan peraturan pembaharuan sistem desentralisasi dan dekonsentrasi yang lebih luas di tahun 1922. Peraturan ini melahirkan tiga provinsi di Jawa, yaitu Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Di masa pendudukan Jepang, Provinsi Jawa Barat sempat dihilangkan pada tanggal 8 Agustus 1942. Saat itu, Jepang menerapkan Syu (karesidenan) sebagai pemerintah daerah tertinggi di Jawa. Di era Jepang ini, wilayah Jawa Barat terbagi atas lima syu, yaitu Banten Syu, Jakarta Syu, Bogor Syu, Priangan Syu, dan Cirebon Syu.

Setelah Indonesia merdeka, Jawa Barat kembali menjadi provinsi dalam rapat Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) tanggal 19 Agustus 1945.