H.W. Daendels

28 Januari 1807, adalah tanggal saat Herman Willem Daendels diangkat sebagai Gubernur Jenderal Hindia Belanda menggantikan A.J. Wiese. Urusan administrasi koloni dan mempertahankan Hindia dari serbuan Inggris menjadi alasan mengapa mantan tentara Legiun Asing Perancis ini dipilih memimpin daerah yang kaya tersebut.

Membuat Jalan Raya Pos adalah salah satu strategi Daendels mempertahankan Pulau Jawa. Pembangunan jalan pos melewati dataran tinggi Priangan dimaksudkan untuk melancarkan transportasi angkutan kopi, sebagai salah satu sumber kekayaan nusantara, yang membuat Priangan menjadi daerah pertama yang mengalami tanam paksa jauh di masa VOC.

Suka atau tidak, Daendels adalah salah satu tokoh pendiri kota Bandung. Ada tiga peristiwa yang mengaitkan Daendels dengan kelahiran kota Bandung. Pertama, saat menancapkan tongkatnya di titik 0 km sekarang. Kedua, saat mengeluarkan surat perintah 25 Mei 1810 tentang pemindahan kota kabupaten yang saat itu masih di Krapyak (Dayeuhkolot sekarang). Ketiga, saat meresmikan Bandung sebagai kota Kabupaten tertanggal 25 September 1810.